Rabu, 25 April 2012

Derby Abadi Merah vs Biru dalam Sepak Bola


Pertandingan derby adalah pertandingan antara dua tim olahraga yang berasal dari satu kota atau satu wilayah dan masing-masing memiliki rivalitas tersendiri. Biasanya pertandingan derby adalah pertandingan yang keras. Hal ini disebabkan karna kedua tim ngotot untuk bisa menjadi yang terbaik di wilayah itu. Berikut ini ada beberapa fakta menarik dari beberapa derby panas yang melibatkan si Merahdan si Biru
Quote:



1. Derby Della Madonnina (AC Milan vs Internazionale Milan)
Disebut juga sebagai derby Milano antara AC Milan dengan Internazionale Milan. Biasanya pertandingan berlangsung panas dan selalu ditunggu oleh penggemar sepakbola dan khususnya suporter kedua klub itu di seluruh dunia. Disebut Derby della Madoninna sebagai penghormatan terhadap salah satu obyek wisata di kota Milano, yaitu patung Perawan Maria yang terletak di puncak Duomo. Patung itu biasa disebut sebagai Madoninna.
vs
 


2. Derby Della Capitale (AS Roma vs SS Lazio)
Menurut sejarah ada faktor sosial-ekonomi yang membuat derby ini jadi “mengerikan”. Lazio dibentuk oleh mereka yang berstatus menengan ke atas dan bermarkas di Roma sebelah utara kota. sedangkan AS Roma bermarkas di daerah miskin di sebelah selatan kota. Di dalam stadion, para suporter Roma menempati tribun sebelah selatan (curva sud) dan Lazio di sebelah utara (curva nord).
vs
 


3. Derby of Manchester (Manchester United vs Manchester City)
Inilah Derby terpanas di jagad persepakbolaan Eropa bahkan Dunia, yaitu antara Manchester City melawan Manchester United. Bagaimana tidak, Rivalitas kedua tim ini sudah terlanjur menjalar sejak dulu, bahkan saat manchester masih bernama Newton Health, kedua tim sudah saling ngotot untuk dapat memperlihatkan kekuatan mereka. Maka tak heran jika dalam pertandingan , wasit sering banyak mengeluarkan kartu, Apalagi sekarang Exspatriat Manchester United sudah menjadi jagoan Manchester City, yaitu Carlos Teves.
vs
 


4. Derby of Merseyside (Liverpool FC vs Everton FC)
Disebut Merseyside Derby karena Liverpool dan Everton sama-sama berasal dari daerah Merseyside di kota Liverpool. Kadang juga disebut The Friendly Derby karena dalam satu keluarga kadang terdapat dua kubu, antara pendukung Liverpool dan Everton. Di tingkat teratas sepakbola pro Inggris, derby ini pertama kali terjadi pada 1962, ketika Liverpool pertama kali menembus Divisi Utama.
vs
 


5. Derby of Great London (Arsenal FC vs Chelsea FC)
Ada beberapa tim dari kota London Arsenal,Chelsea,Tottenham Hotspurs,Fulham,West Ham. Namun yang paling disorot adalah ketika pertandingan yang mempertemukan antara Arsenal dengan Chelsea, karena tim ini masuk dalam jajaran The Big Four.
vs
 


6. Derby of Moscow (CSKA Moscow vs Dynamo Moscow)
Derby ini melibatkan empat klub yang bermarkas di ibukota Rusia itu. Mereka adalah CSKA, Dynamo, Lokomotiv dan Spartak. Dari keempat klub tersebut, yang dianggap sebagai the weakest link adalah Lokomotiv. Tiga lainnya sudah mengumpulkan sederet trofi, namun tidak demikian dengan Lokomotiv. Moscow derby tidak hanya berlaku untuk sepakbola tapi juga untuk hoki es dan juga melibatkan keempat klub itu.
vs

1 komentar: