Sabtu, 23 Juni 2012

Raja Raja Yang Menguasai Jerman


Albrecht I
Albrecht Erste Habsburg.jpg
Albrecht I dari Habsburg (Juli 1255 – 1 Mei 1308) merupakan Raja Romawi dan Adipati Agung Austria, putra sulung Raja Jerman Rudolf I dari Habsburg dan istri pertamanya Gertrud dari Hohenberg.
Pada tahun 1282 ayahnya, penguasa Jerman pertama dari Wangsa Habsburg, menginvestasikannya dan adiknya Rudolph II dengan wilayah adipati Austria dan Stiria, yang ia sita dari Raja sebelumnya Ottokar II dari Bohemia. Pada tahun 1283 Perjanjian Rheinfelden ayahnya mempercayakan Albrecht dengan pemerintahan tunggal mereka, dan Rudolf II harus dikompensasi oleh Austria Selanjutnya wilayah Habsburg. Albrecht dan menteri Swabianya muncul untuk memerintah wilayah adipati dengan sukses, mengatasi perlawanan dari bangsawan setempat


Albert II
Albrecht II. von Habsburg.jpg
Albert II dari Habsburg (lahir 10 Agustus 1397 – meninggal 27 Oktober 1439 pada umur 42 tahun) merupakan seorang Raja Jerman dari tahun 1438 sampai kematiannya. Ia juga merupakan Raja Hongaria, Raja Bohemia, adipati Luksemburg dan, sebagai Albert V, adipati agung Austria dari tahun 1404
Albert dilahirkan di Wina sebagai putra Albert IV, Adipati Austria, dan Johanna Sophia dari Bayern.
Ia menjadi pewaris wilayah adipati Austria pada usia 7 tahun setelah kematian ayahnya pada tahun 1404. Pamannya Adipati William dari Austria Dalam, kemudian memimpin garis Leopoldinian saingan, melayani sebagai wali untuk keponakannya, diikuti dengan saudara-saudaranya Leopold IV dan Ernest yang Kuat pada tahun 1406. Pertikaian di antara bersaudara dan mereka terus berupaya untuk mendapatkan kendali atas wilayah-wilayah Albertinian mengarah ke kondisi perang saudara. Meskipun demikian Albert menerima pendidikan yang baik, mengambil alih pemerintahan Austria setelah kematian Leopold pada tahun 1411 dan berhasil dengan bantuan para penasihatnya, memerintah wilayah adipati tersebut.


Alfonso X

Alfonso X yang Bijak (bahasa Spanyol: Alfonso X el Sabio; Toledo, 23 November 1221 - Sevilla, 4 April 1284) ialah Raja Kastilia yang memerintah antara tahun 1252 hingga tahun 1284. Sebagai penulis dan cendekiawan ia cepat populer akan dorongannya pada astronomi dan kosmologi Ptolemeus yang diketahuinya melalui bangsa Arab.
Alfonso adalah anak sulung Fernando III dan Elisabeth dari Hohenstaufen. Dari pihak ibu, kakeknya adalah Philipp dari Swabia dan Irene Angelina.
Alfonso adalah raja pertama yang mengawali penggunaan bahasa Kastilia secara meluas, meskipun ayahandanya Fernando III sudah mulai menggunakannya di beberapa dokumen, sebagai pengganti bahasa Latin, sebagai bahasa yang digunakan di pengadilan, gereja, buku, dan dokumen resmi.
Dari awal pemerintahannya, Alfonso mulai mempekerjakan sarjana Yahudi, Kristen, dan Muslimdi pengadilannya, khususnya untuk tujuan menerjemahkan sejumlah buku dari bahasa Arab ke dalam bahasa Spanyol kuno.


Frederik II

Frederik II atau Federico II (lahir 26 Desember 1194, wafat 13 Desember 1250), dari dinasti Hohenstaufen, adalah seorang yang menganggap dirinya berhak atas gelar Raja Romawi dari tahun 1212 dan sebagai pemegang gelar itu tanpa tanding dari tahun 1215. Karena itu, ia menjadi Raja Jerman, Raja Italia dan Raja Burgundia. Ia juga menjadi Raja Sisilia yang didapat dari warisan ibunya. Ia adalah Kaisar Romawi Suci berdasarkan pentahbisan Sri Paus pada tahun 1220 hingga akhir hidupnya. Gelar aslinya adalah Raja Sisilia sehingga ia memperoleh nama Federico I dari tahun 1198 hingga wafatnya. Gelar-gelar kebangsawanan lainnya, yang dikumpulkan dari masa hidupnya yang singkat, adalah Raja Siprus dan Yerusalem yang didapat atas dasar pernikahan dan hubungannya dengan Perang Salib Keenam.


Frederick III
Potret oleh Hans Burgkmair, sekitar tahun 1500 (Musium Kunsthistorisches, Wina)
Frederick dari Habsburg (21 September 1415 – 19 Agustus 1493) merupakan seorang Adipati Austria sebagai Frederick V dari tahun 1424, pewaris Albert II sebagai Raja Jerman sebagai Frederick IV dari tahun 1440, dan Kaisar Romawi Suci sebagai Frederick III dari tahun 1452. Ia digantikan oleh putranya Maximilian I, pada tahun 1493 setelah 10 tahun memerintah bersama-sama.


Heinrich III

Heinrich III (29 Oktober 10175 Oktober 1056), adalah anggota Dinasti Salia dari Kekaisaran Romawi Suci. Ia adalah putra tertua Konrad II dari Jerman dan Gisela dari Schwaben dan ayahnya menjadikannya adipati Bayern (sebagai Henry VI) tahun 1026, setelah kematian Adipati Heinrich V. Pada Hari Paskah tahun 1028, ia menjadi Kaisar Romawi Suci.


Karl V

Karl V (Gand, 24 Februari 1500Yuste, 21 September 1558) adalah Kaisar Romawi Suci, Raja Spanyol, Naples, dan Sisilia, dan penguasa wilayah Burgundi. Di Spanyol, secara resmi ia mendapat nama Carlos I, walaupun oleh orang awam ia biasa disebut sebagai Kaisar Romawi Suci. Orang Spanyol kadang menjulukinya sebagai "El Dorado". Wilayah kekuasaan Charles V sering disebut dengan "in which the sun does not set" (di mana matahari tidak pernah tenggelam) karena mencakup daerah yang sangat luas.


Konrad III

Konrad III (Bamberg, 1093 – Bamberg, 15 Februari 1152  merupakan seorang Kaisar Romawi Suci, pada sebuah konfederasi atas wilayah-wilayah bangsa Jerman. Ia merupakan puteranda Frederick I, Adipati Swabia. Pada tahun 1146, Konrad mendengar Bernardus dari Clairvaux berkhotbah mengenai Perang Salib Kedua di Speyer, dan ia setuju untuk bergabung dengan Louis VII di dalam sebuah ekspedisi besar ke tanah suci dimana akhirnya disana pasukan Perang Salib kalah. Konrad menikah dengan Gertrude dari Comburg. Pada tahun 1136, ia menikahi Gertrude dari Sulzbach.


Maximilian I
Potret oleh Albrecht Dürer, 1519 (Musium Kunsthistorisches, Wina). Maximilian memegang lambang pribadinya, buah delima.
Maximilian I dari Habsburg (22 Maret 1459 – 12 Januari 1519), putra Friedrich III, Kaisar Romawi Suci dan Eleanor dari Portugal, merupakan seorang Raja Romawi (juga dikenal sebagai Raja Jerman) dari tahun 1486 dan Kaisar Romawi Suci dari tahun 1493 sampai kematiannya. Ia memerintah bersama-sama dengan ayahnya selama 10 tahun terakhir dimasa pemerintahan ayahnya, dari sekitar tahun 1483. Ia mengembangkan pengaruh Wangsa Habsburg melalui baik perang dan pernikahan, namun juga kehilangan wilayah Austria di yang sekarang Swiss kepada Konfederasi Swiss.
Dengan menikahkan putranya Philippe dengan calon Ratu Juana dari Kastilia pada tahun 1498, Maximilian mendirikan wangsa Habsburg di Spanyol dan mengijinkan cucunya Carlos V untuk memegang tahta baik di León-Castile dan Aragon, yang kemudian membuatnya menjadi Raja Spanyol de jure yang pertama. Ia hidup lebih lama daripada ayahnya Philippe, Charles menggantikan Maximilian sebagai Kaisar Romawi Suci pada tahun 1519, dan kemudian memerintah baik Kekaisaran Romawi Suci dan Kerajaan Spanyol secara bersamaan


Otto I

Otto I yang Agung (23 November 9127 Mei 973), putra Henry I dan Matilda dari Ringelheim, adalah Adipati Sachsen, Raja Jerman, Raja Italia, dan "orang Jerman pertama yang dijuluki kaisar Italia" menurut Arnulf dari Milan. Charlemagne dimahkotai sebagai kaisar tahun 800, dan kekaisarannya telah terbagi di antara cucu-cucunya, dan setelah pembunuhan Berengar dari Friuli tahun 924, gelar kerajaan dibiarkan kosong selama hampir empat puluh tahun. Pada tanggal 2 Februari 962 Otto dimahkotai sebagai Kaisar wilayah yang nantinya disebut Kekaisaran Romawi Suci.


Rudolf I
Makam Rudolf  I di Speyer
Rudolf I (juga dikenal sebagai Rudolf dari Habsburg) (bahasa Jerman: Rudolf von Habsburg, bahasa Latin: Rudolphus) (1 Mei 121815 Juli 1291) merupakan Raja Romawi dari tahun 1273 sampai kematiannya. Ia memainkan peranan penting di dalam meningkatkan Wangsa Habsburg ke posisi memimpin di antara permusuhan berbagai wangsa kerajaan. Aslinya pangeran Swabia, ia merupakan anggota keluarga Habsburg yang pertama yang mendapatkan wilayah adipati Austria dan Stiria, wilayah-wilayah yang akan tinggal dibawah pemerintahan Habsburg selama lebih dari 600 tahun dan akan membentuk jantung penguasa Wangsa Habsburg dan yang sekarang negara Austria.

1 komentar: