Google+ Followers

Sabtu, 24 Desember 2016

8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal

Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu momen yang selalu ada dalam setiap perayaan agama bagi yang merayakannya, tak terkecuali di hari natal. Antusiasnya mereka dalam perayaan, apalagi anak-anak kecil yang berharap mendapatkan hadiah natal sangat menarik untuk diperhatikan.
Di hari yang berbahagia tersebut, ada beberapa tokoh menyeramkan yang selalu menghantui hari natal. Tokoh-tokoh ini berasal dari berbagai tempat dan cerita yang berbeda di seluruh dunia.

1. Krampus
http://static01.mediaite.com/med/wp-content/uploads/gallery/christmas-characters/krampus.jpg
Krampus adalah sosok yang menyeramkan seperti hewan buas yang badannya besar dan berbulu. Cerita ini berasal dari rakyat Austria. Jika Sinterklas membagi-bagikan hadiah pada anak yang baik melalui kantongnya, maka Krampus ini kebalikannya. Dia akan memasukkan anak-anak yang nakal ke dalam kantong miliknya untuk dijadikan cemilan tengah malam.

2. The Grinch
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/48/b7/79/48b779f679ffde6d1d308ada234e1dca.jpg
Bagi yang pernah menonton film “How the Grinch Stole Christmas” buatan tahun 1957 ini tidak akan heran dengan tokoh The Grinch. Karakter fiksi yang sengaja dibuat oleh Dr. Seuss ini mempunyai sifat yang pemarah dan sangat menentang perayaan natal. Grinch mencoba untuk mengakhiri Natal dengan mencuri barang-barang perayaan di setiap rumah di kota Whoevil. Namun karena gigihnya penduduk untuk merayakannya. Perayaan Natal tetap dilakukan.

3. Hans Trap
Cerita legenda ini berasal dari Perancis. Hans Trap digambarkan dengan sosok pria kaya raya yang serakah dan jahat. Hans merupakan salah satu orang penyembah setan, karena itulah dia diasingkan ke hutan. Sebelum Natal, Hans Trap biasanya mengunjungi anak-anak kecil sambil berpakaian mirip orang-orangan sawah untuk menakut-nakutinya.

4. Frau Perchta
http://boredomtherapy.com/wp-content/uploads/2015/12/9bbc050b47678bf9f78d42afaf69d16f.jpg
Frau Perchta merupakan cerita dari rakyat jerman. Frau Perchta adalah seorang penyihir wanita yang kejam yang muncul ketika Natal. Sosok menyeramkannya tak kalah dengan Krampus. Ia akan muncul 12 hari selama musim Natal.

5. Belsnickel
Masih dengan cerita rakyat Jerman. Belsnickel digambarkan dengan laki-laki yang berpakain tua compang-caping dan berbulu. Dia kemana-mana membawa cambuk dan permen untuk memperingatkan anak-anak kalau masih ada waktu untuk menjadi anak baik sebelum hari natal. Ia akan menghargai usaha anak menjadi baik dengan memberinya permen.

6. The Yule Cat
http://www.iheartreykjavik.net/wp-content/uploads/2014/12/Yule-Cat.png
Karakter The Yule Cat berasal dari cerita rakyat Islandia. Yule Cat atau Jólakötturinn merupakan seekor kucing raksasa yang ganas dan mengancam suatu pedesaan selama waktu Natal. Kucing ini suka memangsa anak kecil yang tidak memiliki baju baru untuk dipakar di Hari Natal.

7. The Yule Lads
Yule Lads atau Yuleman adalah sebutan untuk 13 tokoh troll dari cerita rakyat Islandia. Pada jaman dahulu, mereka suka sekali mencuri dan membuat keributan menjelang Natal. Aksi mereka ini akhirnya digunakan untuk menakut-nakuti anak kecil supaya berperilaku baik menjelang Natal.

8. Grýla
http://vignette3.wikia.nocookie.net/villains/images/1/12/Gryla.jpg/revision/latest?cb=20140406234354
Grýla bisa dibilang merupakan ibu dari The Yule Lads. Wanita raksasa ini suka menculik, memasak dan memakan anak-anak kecil yang tidak patuh pada orang tuanya. Grýla mempunyai 3 suami dan 72 anak yang suka membuat keributan sampai pembunuhan. Kucing raksasa “The Yule Cat” juga tinggal dengan Grýla.


Sumber : http://www.sikerok.com

Minggu, 04 Desember 2016

Dewi Sartika, Perintis Pendidikan Kaum Wanita di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/dewi-sartikas-132rd-birthday-5631285717368832-hp.jpg

Dewi Sartika, tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita Indonesia, berulang tahun ke-132 pada hari ini Minggu, 4 Desember 2016. Sebagai penghargaan besar atas jasa-jasa Dewi Sartika yang tidak ternilai, kartun unik beliau ditampilkan di Google doodle hari ini. Sosok Dewi Sartika demikian inspiratif mendobrak tradisi yang mengungkung kebebasan wanita memperoleh pendidikan; dengan mendirikan Sekolah Isteri pada 1904.

Jika kita berkunjung ke halaman utama Google hari ini, tampak seorang perempuan dengan pakaian serba hijau sedang menunjuk papan tulis. Sementara murid-muridnya, yang semuanya perempuan, berlomba menulis di papan tulis tersebut dengan kapur, membentuk huruf Google.  Perempuan yang mengajar tersebut adalah Dewi Sartika, pahlawan nasional yang lahir pada 4 Desember 1884.

Ketika Dewi Sartika masih kecil, pendidikan Barat adalah barang mahal untuk bangsa Indonesia, terutama kaum perempuan. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mencecap hal tersebut. Dewi Sartika adalah salah satu di antara orang beruntung tersebut. Di luar kebiasaan umum, Dewi Sartika dimasukkan keluarganya ke Sekolah Belanda. Ilmu yang bertambah menyadarkan Dewi adanya kesenjangan besar antara kaum pribumi dengan para penjajah Belanda.

Dewi Sartika bukan hanya beruntung, tetapi mengubah keberuntungan itu lebih ‘emas’ lagi. Ia yang diasuh sang paman yang berkedudukan sebagai patih di Cicalengka, kerap mempraktikkan ilmunya di sekolah dengan mengajar anak-anak pembantu di kepatihan. Meskipun alat peraga dan bahan terbatas, Dewi Sartika tidak menyerah. Ia menggunakan papan tulis dari bilik kandang kereta. Sementara untuk menulis, ia memakai pecahan genting.

http://2.bp.blogspot.com/-n5GEgLbyAto/TmIqBmFPeJI/AAAAAAAABMY/MgcbB7Uqhb4/s1600/biografi-dewi-sartika.jpg
(Foto : BiografiKu.com)
Keinginan besar untuk memajukan kaum pribumi, terutama golongan wanita, terus membuncah di pikiran Dewi Sartika. Ketika tinggal di Bandung, ia kemudian mendirikan sekolah yang diberi nama ‘Sekolah Isteri’.
Dewi Sartika mendapatkan dukungan dari R.A.A. Martanegara, sang kakek, dan Den Hamer Inspektur Kantor Pengajaran saat itu. Sekolah Isteri yang didirikan sejak 1904 membawa perubahan besar. Semakin banyak perempuan yang melek baca tulis dan berhitung.

Dewi Sartika menjadi salah satu pelopor utama pendidikan wanita untuk bangsa Indonesia. Atas jasa-jasanya tersebut , ia diakui sebagai Pahlawan Nasional pada 1 Desember 1966. Dewi Sartika sendiri sempat menyaksikan Indonesia menemukan kemerdekaan dari penjajah. Beliau meninggal pada 11 September 1947 dalam usia 62 tahun.


Sumber : Sidomi

Jumat, 02 Desember 2016

10 Kasus 'Manusia Misterius' yang Akhirnya Terpecahkan

Kejadian orang hilang atau pembunuhan tanpa jejak bisa saja terus menjadi rahasia seumur hidup.
Sebaliknya, dengan bantuan teknologi DNA dan teknologi informasi, misteri belasan bahkan puluhan tahun bisa saja terkuak setelah ditelusuri.


Dikutip dari Listserve.com pada Selasa (27/9/2016), berikut ini adalah sejumlah misteri masa lalu yang ditelaah berkat kemajuan teknologi sebagai alat analisis.
Rangkaian peristiwa ini memang terjadi di Amerika Serikat, namun demikian kisah temuannya dapat menjadi pembelajaran di Indonesia.

1. Lori Ruff

Pada 2004, Blake Ruff menikahi wanita yang ia cintai, yang dikiranya bernama Lori Kennedy. Wanita pendiam itu tertutup soal masa lalunya dan baru terungkap ketika ia bunuh diri pada 2010.
Dalam sebuah kotak, ada catatan bahwa sejak 1988 Lori menggunakan identitas wanita lain yang sudah meninggal. Seorang ahli geneologi genetik bernama Colleen Fitzpatrick tertarik melacak.
Polisi akhirnya menemui keluarga Cassidy yang pernah punya anak perempuan bernama Kimberly McLean. Pada 1986, ia kabur dari rumah setelah perceraian orangtuanya.

Uji DNA membenarkan bahwa Kimberly McLean adalah Lori Ruff. Ibunya akhirnya mengetahui keberadaan putrinya, tapi dalam keadaan sudah meninggal.

2. Remaja 'Grateful Joe'

Pada 1995, Michael Hager mengalami kecelakaan mobil ketika menabrak pohon di negara bagian Virginia. Ia meninggal bersama dengan seorang remaja yang menebengnya di tengah perjalanan.
Satu-satunya petunjuk adalah kaos bertuliskan 'Grateful Dead' dan catatan dari dua wanita bahwa mereka akan bertemu lagi. Sejak saat itu, wajah remaja tak dikenal ini beredar di internet melalui laman Facebook Grateful Joe.
Pada 2015, ibu remaja tersebut melihat laman Facebook dan bertukar pesan. Remaja itu adalah Jason Callahan yang bandel serta telah kabur dari rumah.
Ibunya tidak melaporkan kehilangan karena menduga anaknya memutuskan hidup mandiri. 

3. Benjaman Kyle

Pada 2004, seorang pria berusia 50-an ditemukan telanjang di antara dua bak sampah Burger King di negara bagian Georgia. Karena dihajar 3 kali di kepala, ia lupa namanya sendiri.
Ia kemudian memilih nama Benjaman Kale dan hidup selama 1 dekade tanpa mengetahui siapa dirinya sebenarnya.
CeCe Moore, seorang ahli genealogi genetik, mencoba melacak masa lalu Benjaman. Ternyata, pria itu sudah menghilang lebih dari 10 tahun. Ia kabur dari orangtuanya pada 1976 dan tidak pernah berhubungan lagi.
Nama aslinya tak diungkap karena alasan privasi dan ia sekarang sudah dipersatukan kembali dengan keluarganya justru karena pernah mengalami amnesia.

4. Kapal Mary Celeste

Pada 1872, sebuah kapal bernama Mary Celeste ditemukan utuh namun kosong melompong di tengah laut. Masih ada bekal makanan dan air untuk 6 bulan di dalamnya.
Kisah menarik tentang kapal itu mengusik prosefor kimia bernama Dr. Andrea Sella. Menurutnya, ada 1.100 liter alkohol yang bocor ke dalam badan kapal. Para awak kabur ketika uap alkohol tersebut meledak.
Dr. Sella melakukan eksperimen meniru ledakan. Tutup lambung kapal meang bisa terlempar dan menakutkan semua awak. Tapi ledakan demikian tidak menimbulkan bekas kerusakan. 

5. Jane Doe di Caledonia 

Pada 1979, seorang wanita muda diseret ke ladang jagung di Caledonia, New York dan ditembak dua kali di kepala. Kantongnya dikuras dan hujan mengaburkan kemungkinan bukti-bukti. Bahkan catatan gigi tidak dapat membantu.
Di negara bagian Florida, seorang wanita khawatir tentang teman lamanya yang bernama Tammy Jo Alexander karena tidak pernah berkabar selama bertahun-tahun.
Ketika mendapat kabar, ia mendengar bahwa Tammy sudah kabur dari rumah bertahun lamanya. Ibu yang pengguna narkoba juga tidak melaporkan kepada pihak berwajib.
Teman yang khawatir ini melapor kepada polisi dan mereka kemudian menyadari bahwa Tammy adalah wanita tak dikenal di Caledonia tersebut.
Remaja itu tidak memiliki catatan gigi karena, hingga ia berusia 16 tahun, ibunya tidak pernah membawa anaknya ke dokter gigi.

6. Pembunuh Chelsea Bruck

Chelsea Bruck pergi ke pesta Halloween terakhir hidupya pada 2014. Ia mengenakan kostum Poison Ivy dan pulang ke rumah pada jam 3 pagi bersama dengan seorang pria tak dikenal yang juga berkostum.
Tapi wanita itu tidak pernah sampai di rumah. Tiga minggu kemudian, mayatnya ditemukan di ladang kosong.
Polisi perlu kira-kira 2 tahun untuk menduga tersangkanya dan pada Juli 2016 mereka menangkap Daniel Clay. Pacar pria itu mengatakan Clay mengakui kejahatannya.
Hingga kini, tidak banyak yang dibeberkan polisi. Tapi jenis gugatannya pun cukup bercerita, yaitu dakwaan terkait kejahatan seksual.
Dakwaan pembunuhan tingkat dua menandakan kisah malam itu tidak sesuai dengan kehendaknya.
Dakwaan menyembunyikan mayat menandakan ia mencoba mengenyahkan jasad korban agar tidak pernah ditemukan. 

7. 'Baby Hope'

Pada 1991, pekerja bangunan di New York menemukan kotak biru berisi kantong sampah berwarna hitam di bawah kaleng-kaleng minuman Coca Cola. Dalam kantong plastik itu ada mayat bayi berusia 4 tahun yang sudah membusuk.
Baru pada 2013 polisi mendapat petunjuk sehingga bisa melacak Margarita Castillo, ibu bayi yang dijuluki 'Baby Hope' tersebut.
Kisah bayi yang ternyata bernama Anjelica itu menyeramkan. Sepupunya yang bernama Conrado Juarez memperkosa sang bayi. Ketika sang bayi menangis, ia menutupinya dengan bantal hingga bocah polos itu itu meninggal tanpa sengaja.
Conrado menceritakan kepada kakak perempuannya yang kemudian malah memberikan kotak pendingin minuman serta memerintahkan untuk membuang mayat bayi malang tersebut.
Margarita tidak melapor kepada polisi karena ia adalah imigran gelap dan tidak bisa berbahasa Inggris. Ia takut dideportasi. Ia mengikuti berita tentang ‘Baby Hope’ tapi terlalu takut untuk melapor.

8. Bella di dalam Wych Elm

Pada 1943, empat anak lelaki di Worcestershire menemukan sesuatu yang menakutkan, yaitu sebuah tengkorak dalam sebuah pohon. Penyidikan polisi mengungkapkan bahwa wanita itu dibunuh untuk keperluan ritual.
Lalu beredarlah tulisan-tulisan pesan di seluruh kota, "Siapa yang menaruh Bella dalam Wych Elm?" Tak ada yang mengakui mayat itu.
Namun demikian, sekarang profesor James Webster yakin telah memecahkan misteri itu. Menurutnya, nama Bella mengacu kepada aktris Jerman bernama Clara Bauerle.
Clara melakukan pertunjukan dengan nama panggung "Clarabella", sehingga itulah arti "Bela" dalam pesan grafiti yang bertebaran di kota.
Clara bertugas sebagai mata-mata Nazi dan diterjunkan dengan parasut ke daerah itu pada 1941. Ia mendarat tapi tidak pernah melapor balik.
Menurut Webster, ia akhirnya ketahuan dan jasadnya dijejalkan ke dalam pohon hazel.

9. Kematian Raoul Wallenberg 

Pelaku bisnis Swedia bernama Raoul Wallenberg adalah seorang pahlawan yang menolong sekitar 100 ribu orang Yahudi dalam Perang Dunia II.
Ia menerbitkan surat keterangan palsu supaya kaum Yahudi bisa lolos, tapi ia sendiri dijebloskan dalam penjara Soviet.
Wallenberg meninggal pada 1947 karena, menurut pihak Soviet, ia mendapat serangan jantung.
Pada Juni 2016, buku harian kepala KGB bernama Ivan Serov diterbitkan. Di dalamnya, ia menulis "Saya tidak ragu bahwa Wallenberg dihabisi pada 1947."
Ia kemudian mengatakan bahwa Wallenberg dibunuh berdasarkan perintah langsung dari Stalin dan Molotov. Tulisan buku harian ini tidak memastikan, tapi jelas KGB tidak yakin kalau Wallenberg meninggal karena kecelakaan.
Di kalangan petinggi KGB pun diyakini bahwa Stalin memerintahkan pembunuhannya.

10. Identitas Paul Fronczak

Pada 1965, keluarga Fronzack dipertemukan dengan anak yang mereka kira sebagai anak mereka. Bayi bernama Paul itu sebelumnya diculik orang. Jadi, ketika ditemukan bayi lelaki terabaikan dalam kereta dorong, mereka yakin itu anak mereka.
Mereka membesarkan anak itu, tapi lama kelamaan ia makin berbeda dengan keluarga Fronzack. Pada 2012, uji DNA mengungkapkan bahwa anak itu bukanlah darah daging mereka.
CeCe Moore membantu Paul melacak identitasnya sendiri. Ternyata ia sebenarnya bernama Jack dan dua orangtua kandungnya telah meninggal.
Jack memiliki saudara kembar perempuan bernama Jill. Mereka berdua lenyap hanya sesaat sebelum ulang tahun ke dua dan Jill masih belum ditemukan.
Nasib Jill dan Paul yang sesungguhya belum diketahui. Belum jelas juga mengapa Jack ditinggalkan dalam kereta dorong. Tapi setidaknya ia mengetahui siapa dirinya.


Sumber : Yahoo

5 Kasus Kematian Manusia yang Diklaim Akibat Ulah UFO

Selama bertahun-tahun, terdapat pengakuan dari sejumlah orang yang menyebut bahwa dirinya pernah menyaksikan penampakan UFO dan penculikan oleh alien. Meski secara ilmiah, tak ada bukti sahih soal kedatangan makhluk ekstrateresterial itu ke Bumi. 
Sebagian besar orang yang mengaku pernah bertemu dengan UFO biasanya tak mengalami trauma secara fisik dan hanya menyisakan rasa terkejut.
Baca Juga

Namun dalam beberapa kasus, ada pengakuan bahwa interaksi dengan UFO berujung dengan terenggutnya nyawa.
Seperti dikutip dari Listverse, Kamis (3/11/2016), berikut 5 kasus kematian setelah berinteraksi dengan UFO.

1. Jose Viana dan Manuel Pereira da Cruz.

Pada Agustus 1966 di Rio de Janeiro, Brasil, seorang remaja sedang mencari layang-layangnya yang hilang. Namun, ia justru menemukan dua jasad pria memakai jas hujan dengan penutup mata di dekat kepala mereka.
Setelah dilakukan penyelidikan, dua pria itu adalah Jose Viana and Manuel Pereira da Cruz.
Kedua korban hilang pada 7 Agustus 1966. Para teknisi peralatan elektronik itu meninggalkan kota Campos dos Goytacazes untuk membeli sejumlah perlengkapan.
Dekat jasad mereka ditemukan botol minuman yang kosong, dua handuk, dan sebuah catatan yang bertuliskan, "16.30 di tempat yang disetujui, 18.30 telanlah kapsul-kapsul itu, setelah itu pakai masker pelindung."
Spekulasi merebak. Mereka diduga sedang melakukan eksperimen berbahaya yang melibatkan radioaktif -- meski tak ada bukti yang mengarah ke sana. Juga muncul dugaan, keduanya dibunuh. Teori ketiga, melibatkan makhluk dari luar Bumi -- konon kedua pria itu bersiap dijemput pesawat alien.
Berita kematiannya mendorong orang-orang memberikan kesaksiannya atas adanya penampakan di malam tewasnya kedua pria tersebut.
Sebagian besar saksi mata memberikan keterangan bahwa dirinya menyaksikan kapal aneh berwarna oranye yang bersinar di atas tempat ditemukannya dua jenazah itu.
Dalam bukunya Confrontations, penyidik UFO Jacques Valle mencatat bahwa penutup mata digunakan korban untuk menyaksikan benda dari dunia luar atau melindungi mata dari sinar yang kuat.

2. Arcesio Bermudez

Pada Juli 1969, Arcesio Bermudez bergegas keluar rumahnya di Anolaima, Kolombia, setelah mendengar anak-anaknya berteriak terdapat objek bersinar berukuran besar di langit.
Beberapa saat kemudian, objek tersebut berpindah ke puncak bukit di mana anak-anak pertama kali melihatnya. Bermudez pun menuju tempat tersebut untuk menyelidiki. Ia mengaku melihat 'makhluk' di sebuah kubah kaca di bagian atas kapal.
Kurang dari 48 jam setelah kejadian itu, Bermudez menderita sakit. Ia mengeluh mual dan tubuhnya ditutupi oleh bintik-bintik aneh berwarna biru. Bermudez meninggal seminggu setelah penampakan itu karena gastroenteritis atau diare.

3. Jonathan Lovette

Pada Maret 1956 Sersan Jonathan Lovette dan Mayor William Cunningham sedang dalam misi pencarian puing-puing setelah dilakukan uji coba misil di New Mexico.
Cunningham mengaku bahwa Lovette tiba-tiba menjerit saat setelah memeriksa sebuah gundukan pasir. Ia pun menuju tempat tersebut dan melihat ada piring terbang melayang di atasnya.
Sebuah objek seperti ular menggantung, melilit Lovette, dan menariknya ke atas kendaraan misterius itu.
Banyak yang meyakini bahwa Lovette sebenarnya dibunuh Cunningham. Jasadnya ditemukan tiga hari setelahnya, di mana mata dan lidahnya hilang serta tubuhnya kehabisan darah.

4. Abel Boro

Pada Oktober 1981 di wilayah sekitar Panorama, Brasil, diteror oleh benda aneh yang melayang di angkasa dan disebut dengan chupas oleh penduduk setempat. Beberapa orang menggambarkan benda itu seperti kulkas yang menyorotkan sinar.
Sementara itu, benda terbang yang disaksikan Abel Boro dan Rivamar Ferreira berbentuk lingkaran. Benda itu berputar dan menyorotkan lampu sangat terang sehingga membuat malam terlihat seperti siang.
Objek tersebut terbang rendah di atas Boro dan menyorotkan lampu berwarna kuning ke tubuhnya. Melihat hal itu, Ferreira pun berlari ke rumah Boro untuk meminta bantuan.
Namun ketika ia kembali bersama dengan anggota keluarga lainnya, Borro ditemukan sudah tidak bernyawa di mana tubuhnya sangat pucat dan kehilangan darah.
Polisi dan tentara dikerahkan untuk menyelidiki kematian orang yang diduga melakukan kontak dengan benda terbang tak dikenal. Namun, pihak berwenang tidak pernah mampu mengklarifikasi peristiwa itu.

5. 7 Orang Tewas 'Diserang' UFO

Berdasarkan artikel yang dimuat di The Victoria Advocate pada Agustus 2002, tujuh orang tewas diduga akibat serangan UFO di Lucknow, India. Menurut sejumlah laporan, terdapat dua kapal aneh berbentuk piringan serta objek seperti bola bergerak sangat cepat yang menyorotkan sinar terang.
Terdapat juga laporan yang menyebut ada kapal lebih besar yang berbentuk seperti serangga. Saking besarnya, obje itu dapat dilihat dari jarak 80 kilometer.
Beberapa hari setelah penampakan tersebut, tujuh orang dilaporkan meninggal. Semua korban memiliki luka yang mirip dengan sengatan listrik. Bahkan dalam radius 16 kilometer dari penampakan itu, lebih dari 20 orang menghilang dan keberadaannya belum diketahui.
"Benda terbang misterius menyerangnya pada malam hari," kata salah satu warga, Raghuraj Pal seperti dikutip dari Rense. "Perutnya terbelah. Ia tewas dua hari kemudian."
Saksi lain mengaku menyaksikan benda mirip bola kaki dengan sinar terang. Salah satu warga mengaku diserang, untung ia tak mengalami luka.
"Rasanya kulitku seperti terbakar," kata Kalawati. "Aku sampai tak bisa tidur dibuatnya.
Namun, para dokter membantah dugaan keterlibatan UFO, dengan menyebutnya sebagai histeria massal.
Sementara, aparat punya penjelasan berbeda: serangga.


Sumber : Yahoo

10 Misteri Masih Menyelimuti Peristiwa Bersejarah Ini

Banyak hal terjadi di dunia ini yang masih menjadi misteri. Seperti beberapa tragedi dalam sejarah yang memicu munculnya konspirasi selama masa pemecahan teka-teki tersebut.  
Seperti siapa sebenarnya Jack the Ripper? Apa yang terjadi pada penerbangan Malaysia Airlines MH370? Apakah Chemtrail (Chemical Trail) ataukah jejak kimia hanya sebuah teori?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut belum terjawab. Seperti dikutip dari Listverse.com, Jumat (2/12/2016) berikut 10 peristiwa di masa lalu yang hingga kini masih diselimuti misteri:

1. Tenggelamnya Kapal Lusitania

Kapal Lusitania tenggelam pada 7 Mei 1915. Tepatnya hanya 18 menit setelah dihantam sebuah torpedo yang ditembakkan kapal selam Jerman.
Hampir 1.200 orang tewas dalam insiden tersebut.
Kala itu media Amerika Serikat (AS) menyebutkan, Jerman adalah 'kaum barbar' karena menyerang kapal penumpang yang tengah berlayar di wilayah netral Perang Dunia I.
Sementara itu di Berlin, warga diberitahu bahwa Inggris mengizinkan kapal tersebut ditenggelamkan karena mengangkut kargo ilegal.
Akibatnya banyak teori konspirasi yang muncul, mencoba mencari tahu siapa dan apa penyebab penyerangan tersebut.
Namun di tengah-tengah kebingungan tersebut, misteri baru muncul.
Setelah 15 detik torpedo meledak di kapal, ledakan kedua pun mengguncang Lusitania. Penyebabnya tidak diketahui.
Beberapa orang percaya bahwa air laut yang dingin bereaksi terhadap ketel uap kapal sehingga memicu ledakan.
Sementara yang lainnya menduga ada senjata ilegal di dalam kapal nahas tersebut.
Sebenarnya, kapal penumpang itu masih bisa mengambang dilautan setelah hantaman torpedo. Namun setelah ledakan kedua terjadi, bahtera itu menemui 'ajal'nya dan tenggelam ke dasar lautan.
Letusan misterius kedua diduga merupakan penyebab karamnya kapal.

2. Sosok Berjubah Putih Gempa Haiti

Evan Muncie menjadi salah satu korban selamat dari reruntuhan bangunan yang diakibatkan oleh gempa bumi dahsyat Haiti pada 2010.
Penemuan pria tersebut membuat tim penyelamat dan dokter terkejut. Pasalnya Evan bertahan tanpa makan dan minum di bawah reruntuhan selama 27 hari.
Namun cerita yang dikisahkan oleh korban selamat itu lebih mengejutkan. Evan mengaku bahwa ada sosok berjubah putih yang membawakan air minum untuknya selama beberapa kali.
Kebanyakan orang menganggap Evan berhalusinasi.
Meski demikian muncul pertanyaan bagaimana mungkin ia bisa selamat tanpa ada seseorang yang membawakannya air.
Selain itu, tak ada bukti yang menunjukkan bahwa seseorang dapat masuk atau mendekati Evan melalui celah-celah reruntuhan di mana ia ditemukan. Kisah Evan dan sosok berjubah putih itu terus menjadi misteri hingga saat ini.
Evan sendiri tidak mengalami luka serius, hanya beberapa goresan di kakinya. Kini dia telah pulih sepenuhnya.

3. Masker Oksigen MH17

Sejumlah teori konspirasi menyelimuti tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17.
MH17 ditembak jatuh oleh misil yang diluncurkan dari daratan. Nahas, tak ada yang selamat dari peristiwa itu.
Namun hingga kini ada misteri yang belum terpecahkan: mengapa seorang penumpang asal Australia menggunakan masker oksigen? Dan mengapa hanya dia yang memakainya?
Padahal pada saat itu, alat pembatu pernafasan tersebut sudah tak bisa lagi menyalurkan oksigen. Hal itu diakibatkan oleh gangguan pada listrik pesawat.
Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa pada saat pesawat hancur diudara akibat serangan misil, masker oksigen diduga jatuh sendiri dari tempat penyimpanannya.
Berkaitan dengan misteri penggunaan masker oksigen tersebut, penyelidik mencoba mencari tahu jawabannya.
Namun mereka hanya bisa mencapai kesimpulan bahwa penumpang itu mungkin memasang masker sendiri atau ada seseorang di daratan yang memakaikannya.

4. Menghilangnya Intrepid

Pada Oktober 1996, penumpang sebuah yacht panik dan menghubungi tim penjaga pantai di Florida.
Mereka melaporkan bahwa kapal yang mereka tumpangi mulai tenggelam. Enam belas orang yang berada di Intrepid--nama yacht itu--mengatakan bahwa mereka akan menunggu pertolongan di dalam sekoci.
Menanggapi laporan tersebut, penjaga pantai dengan segera menuju lokasi Intrepid. Namun setelah mencari sekitar 15.500 kilometer kubik di sekitar lautan, tim penyelamat tak bisa menemukan Intrepid maupun penumpangnya.
Helikopter pun dikerahkan untuk melakukan pencarian. Namun hasilnya nihil, Intrepid dan penumpangnya tak pernah ditemukan.

5. Pria Terjatuh dalam Tragedi 9/11

Salah satu foto yang paling horor dalam tragedi 9/11 adalah, potretan seorang pria jatuh dengan posisi kepala ke bawah dengan latar belakang runtuhnya Tower Utara WTC.
Foto itu banyak beredar di surat kabar. Pembaca mengkritik, gambar tersebut seharusnya tidak dipublikasikan.
Pria di dalam gambar diduga merupakan seorang karyawan di restoran Windows on the World, yang berada di puncak Tower Utara.
Dia diduga memilih loncat dari jendela restoran untuk menyelamatkan dirinya. Hingga detik ini identitas pria itu belum diketahui.
Tragedi tersebut dicatat sebagai salah satu hari terkelam dalam sejarah Amerika Serikat.

6. Pesawat P-40 Misterius di Pearl Harbor

Satu tahun setelah serangan Pear Harbor, para operator radar menangkap sinyal yang menandakan ada pesawat terbang sedang menuju tempat mereka dari arah Jepang.
Dua orang pilot dikirim untuk menyergap pesawat itu. Namun ketika sampai di lokasi, mereka kaget melihat lubang-lubang peluru pada badan pesawat dengan pilot berlumuran darah di dalamnya.
Pesawat itu tidak memiliki roda pendaratan dan jenisnya dikenal sebagai P-40 Warhawk. Lambang yang tertempel pada badan pesawat pun belum pernah dilihat sebelumnya.
Setelah pesawat itu menghujam daratan, pilotnya hilang secara misterius dan tidak pernah ditemukan lagi.
Sebuah buku harian ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat. Diduga milik pilot yang hingga kini menghilang secara misterius dan tak diketahui nasibnya.

7. Pembunuhan Cathy Wayne

Cathy Wayne adalah seorang penyanyi berkebangsaan Australia yang terbunuh menggunakan peluru tunggal kaliber 0,22. Kejadian itu terjadi ketika ia sedang naik panggung di pangkalan militer di Vietnam pada 1969.
Ia meninggal di pelukan kekasihnya, seorang pemain drum untuk band Sweethearts on Parade yang menjadi pengiring penyanyi itu. Saat meninggal, ia masih berusia 19 tahun.
Setelah penyelidikan dilakukan, seorang anggota US Marine bernama James Wayne Killen, ditetapkan menjadi tersangka penembakan. Namun Wayne mengatakan bahwa sebenarnya dia menembak target yang salah.
Setelah pengadilan ulang, ia dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan.
Pemusik lain yang bernama Don Morrisson diduga mengetahui orang yang menembak, tapi kurang memiliki bukti sehingga tidak bisa mengungkapkan nama orang tersebut.
Hingga sekarang, pembunuh Wayne masih belum diketahui.

8. Balon-balon Kuning dari Kuba

Pada masa Perang Dingin, tepatnya pada 1967, ditemukan sebuah peti mengambang di lepas pantai Florida, dekat dengan Hallendale. Di dalamnya ada 7 balon berwarna kuning yang ditujukan kepada lembaga sumber daya mineral Kuba dan berasal dari Leningrad.
Para penyidik mengungkapkan bahwa peti itu telah mengambang di samudera selama setidaknya 8 minggu. Mereka juga menyebutkan bahwa balon-balon itu hanya berisi udara. Tidak ada tanda-tanda zat beracun di dalam atau sekitar balon-balon.
Peti serupa namun kosong ditemukan sejauh 217 kilometer dari yang berisi balon, di lepas pantai Marathon. Dua kotak itu disebut mampu menampung 50 kilogram, tapi berat keseluruhan dengan balon-balon hanya 14 kilogram.
Pihak Coast Guard tidak yakin bahwa itu sekedar tipuan. Tapi, masih menjadi misteri bagi penyidik apa alasan peti itu mengapung di pantai Florida.

9. Bencana Rel Kereta di Charfield

Sebuah kereta pengantar surat mengalami kecelakaan, bertabrakan dengan kereta pengangkut barang di Charfield, Gloucestershire, Inggris, pada 13 Oktober 1928.
Kecelakaan itu sangat parah. Sehingga korban tewas akibat ledakan kedua kereta, terbakar hebat dan tak bisa dikenali lagi.
Para korban kemudian dimakamkan secara massal agar menghindari trauma tambahan kepada pihak keluarga.
Di antara para korban ada seorang anak lelaki dan perempuan yang tidak pernah diakui oleh siapapun.
Dari para penyintas, polisi mencari keterangan tentang kedua bocah itu. Misalnya informasi bahwa anak perempuan itu terlihat lebih muda daripada anak lelaki yang diduga berusia 10 tahun.
Ada juga anggapan bahwa mereka adalah dua saudara kandung.
Hingga hari ini, tidak ada seorangpun yang melapor bahwa anak-anak itu merupakan bagian dari keluarga mereka. Identitas kedua bocah itu juga masih belum diketahui.

10. Pengkhianatan kepada Anne Frank

Anne Frank dibunuh di kamp konsentrasi Bergen-Belsen setelah ditangkap pada masa kejayaan Holocaust.
Hanya buku harian gadis remaja itu yang menjadi saksi bisu kekejaman yang diterimanya. Catatan itu ditemukan setelah bertahun-tahun kematian Anna.
Kala itu, hanya ayahnya yang selamat dari perang. Anna dikhianati oleh seorang pria bernama Julius Dettman, yang memberitahu Nazi tentang keberadaannya.
Namun, sebelum sempat diadili, Julius memilih untuk bunuh diri saat Jerman menyerahkan diri dalam perang.
Semua informasi yang diketahui pengkhianat itu tetap menjadi misteri hingga detik ini.


Sumber : Yahoo